Mengenal Jenis Tipe Sifat Karakter "DERE" dalam Anime dan Manga


Mengenal Jenis Tipe Sifat Karakter "DERE" dalam Anime dan Manga - Halo sobat japanimeindo kali ini kita akan mengenal jenis tipe sifat karakter "DERE" yang terdapat dalam anime dan manga, hmm mungkin sebenarnya tidak hanya pada anime dan manga bahkan pada kenyataan-pun pasti setiap manusia memiliki karakteristik (sifat) masing-masing, hanya saja mungkin lebih tepatnya bisa kita sebutkan juga sifat karakter dalam bahasa jepang kali ya.... Yah begitulah silahkan sobat ambil kesimpulan masing-masing untuk tema kita yang satu ini.


Dere-Dere (でれでれ)
Nah lho emang ada "DERE-DERE" doang? hohoho ada sob baru tau ya? Sama kita xixixixi... Jadi sifat karakter "Dere-Dere" ini ada beberapa macam jenisnya nah apa aja ya....

1. YANDERE
2. TSUNDERE
3. DANDERE
4. KUUDERE
5. YANGIRE

Jadi ada 5 macam jenis sifat karakter yang buntutnya pake "DERE", o.. begitu ya, nah sekarang apasih arti "Dere" itu? Dere atau Dere-Dere adalah kata dalam bahasa jepang yang artinya "jatuh cinta", "mabuk cinta", atau "lovey dovey". Terus berikutnya;

1. Yandere (ヤンデレ)
Gassai Yuno - Mirai Nikki

Yandere adalah kata gabungan dari yanderu dan dere-dere, yanderu adalah gangguan mental atau gangguan jiwa. karakter yandere biasanya kelihatan sangat baik, ramah, lembut, penuh kasih sayang dan cinta di awalnya, tapi pada akhirnya perasaannya yang baik itu malah menghancurkan semuanya, Biasanya mengarah kearah kekerasan (psikopat). Karakter yang bersifat yandere sebenarnya sangat mencintai pujaan hatinya, namun cintanya yang dibarengi dengan ketidakstabilan mental dalam dirinya membuatnya menyalurkan perasaanya melalui kekerasan, entah itu kepada karakter yang disukainya ataupun karakter lain yang berusaha mendekati orang yang dia suka. Sifat yandere ini rela membunuh demi cinta! Nah lho!. Sifat karakter jenis ini sering menuai pro dan kontra.

2. Tsundere (ツンデレ)
Louise - Zero no Tsukaima (Familiar of Zero)

Tsundere adalah kata gabungan dari tsun-tsun dan dere-dere. Tsun-tsun adalah seseorang yang berwatak atau bersifat agresif, keras, temperamental, cepat emosi, atau berdarah panas. Setelah dua kata tersebut digabungkan menjadi tsundere artinya adalah orang yang keras, berdarah panas atau cepat marah gitu kali ya,,, namun di saat yang tepat si tsundere ini akan menjadi sangat "lovely" hohoho lope-lope. Karakter yang bersifat tsundere ini teramat sangat tidak mengakui perasaan suka dan ketertarikannya ke orang lain, jadi dia akan melakukan hal yang sebaliknya untuk menutupi perasaan yang sebenarnya. Karena karakter sifatnya yang seperti itu orang yang disukai si tsundere ini biasanya akan menjadi salah paham dan berpikir dirinya tidak disukai bahkan sampai berpikir sangat dibenci oleh si tsundere.

Kalau kita lihat dari berbagai macam anime dan manga, hampir semuanya memiliki karakter tsundere walaupun bukan sebagai tokoh utama pasti ada aja karakter ini disetiap anime dan manga, dan karakter yang bersifat tsundere ini merupakan karakter paling banyak penggemarnya. Nah kalau masih bingung kita lihat saja contoh karakter yang sifatnya tsundere di beberapa karakter tsundere terfavorite dalam anime dan manga.

3. Dandere (ダンデレ)
Hinata Hyuuga - Naruto

Dandere adalah gabungan dari kata danmari dan dere-dere. Danmari adalah diam, jadi karakter tipe ini adalah karakter yang pendiam, tidak banyak tingkah, umumnya pemalu dan jarang sekali bicara jika ada orang yang mengajaknya berbicara, karakter ini lebih banyak diam daripada menjawab, jadi butuh persiapan untuk berbicara dengan dia, untuk PDKT ke karakter ini membutuhkan perjuangan super ekstra, tapi jika berhasil, karakter bersifat dandere bisa melakukan apapun, apasaja untuk orang yang disayanginya.

4. Kuudere (クーデレ)
Saber - Fate Stay

Kuudere adalah gabungan kata kuuru dan dere-dere. Kuuru adalah keren, dingin, gagah. Sifatnya yang dingin terhadap orang lain seakan-akan tak memiliki emosi, mungkin karena kedewasaan atau memang sifatnya yang misterius, terkadang juga berbicaranya itu formal tidak seperti yang lainnya namun jika dihadapan orang yang disukai karakter kuudere akan menunjukan sikap dan sifat yang lembut. Banyak orang juga yang mengatakan karakter ini biasanya ada di di anime/game RPG. Intinya, tidak mempunyai emosi namun jika ia menyukai seseorang dia akan menunjukan wajah emosinya dan sikap yang lembut.

5. Yangire (ヤンギレ)
Kouha Ren - Magi

Yangire adalah gabungan dari yandere dan kireru. Kireru adalah "meluapkan emosi" atau "kehilangan kesabaran". Yangire adalah sifat karakter yang mempunyai gangguan mental dan emosionalnya akan 'terfokus' langsung tanpa mengasihani/peduli dengan orang yang disiksanya. Karakter ini mirip dengan Yandere, "Awalnya sangat baik, mengasihi, peduli, dan ramah kepada seseorang", namun di Yangire ini ada yang berbeda sedikit dengan Yandere, jika yandere mengeluarkan emosionalnya ketika mengalami perasaaan cemburu sedangkan yangire mengeluarkan emosionalnya tanpa mengalami perasaan cemburu atau sejenis yang berhubungan dengan hubungan asmara, pemicunya juga tidak jelas. Ketika ia mengalami emosional, tiba-tiba sifat emosionalnya itu hilang sekejap lalu berubah menjadi baik seperti sebelumnya. Karakter ini jarang sekali ditemukan dan menurut wiki karakter ini berasal dari anime Magical Girl Lyrical Nanoha Strikers.

Tambahan beberapa pengembangan istilah sifat karakter yang memakai akhiran "DERE":

6. Goudere
Goudere adalah sebutan untuk karakter gadis yang mempunyai sifat laki-laki atau Tomboy. Kebalikan dengan himedere, tipe karakter bersifat goudere biasanya adalah tipe penurut yang akan melakukan apapun demi orang yang ia sukai atau ia tetapkan sebagai tuannya. Tipe goudere akan memangil orang yang ia sukai dengan sebutan master, aniki, atupun gosujin-sama. Tipe ini biasanya memiliki kekuatan yang besar dan memiliki penampilan yang tomboi. Meskipun begitu, terkadang karakter ini juga bisa terlihat rapuh dan sulit ditebak ekspresinya.

7. Himedere
Himedere adalah seseorang yang memiliki karakter seperti tuan putri, sifatnya sombong dan selalu ingin dilayani. Karakter dengan sifat himedere ini biasanya selalu menganggap orang lain rendah dan menganggap dirinya adalah seorang ratu. Dengan sifatnya ini, tipe Himedere selalu merasa harus dihormati oleh orang lain. Bila keinginan seorang himedere tidak dipenuhi, maka ia akan menjadi pemarah dan ngambekan. Tipe ini basanya selalu dimiliki oleh seorang gadis kaya raya.

8. Kamidere
Kamidere adalah istilah yang berasal dari kata kami yang berarti dewa/dewi. Sama seperti himedere, karakter ini biasanya sombong dan merasa ingin dihormati oleh orang lain. Namun, yang membuat kamidere dan himedere berbeda adalah dari segi kekuatan. Jika himedere sombong karena kaya, maka kamidere sombong karena memiliki kemampuan special atau kemampuan super yang hebat dan merasa dirinya adalah yang terkuat daripada yang lainnya. Tipe kamidere ini biasanya akan mereda ketika si karakter bertemu atau berada di dekat orang yang ia sukai.

9. Dorodere
Dorodere adalah istilah yang berasal dari kata dorodoro yang berarti berantakan atau kacau. Kebalikan dari tsundere, tipe karakter dengan sifat dorodere ini sendiri biasanya ditujukan kepada karakter yang memiliki sifat yang manis dan penuh dengan kasih sayang. Namun, di dalam hatinya, tipe dorodere ini sebenarnya memiliki kisah yang sangat kacau dan penuh dengan permasalah yang bahkan tidak bisa ia selesaikan. Meskipun begitu, perasaan dorodere selalu dipendam dan dilampiaskan lewat senyuman.

10. Gundere
Gundere Berasal dari kata Gun yang berarti senjata api atau pistol. Hampir sama seperti tsundere, tipe Gundere merupakan tipe yang sulit melampiaskan perasaan yang ia punya lewat kata-kata. Yang membedakan antaar Tsundere dan Gundere adalah, jika tsundere melampiaskan lewat mara-marah atua jutek, maka Gundere melampiaskan perasaanya lewat senjata atau pertarungan. Hal ini biasanya membuat sulit karakter utama yang tentu menjadi orang yang disukai oleh tipe Gundere.

11. Mayadere
Mayadere adalah salah satu tipe yang cukup berbahaya dan menakutkan. Dalam cerita anime, biasanya tipe mayadere akan berniat untuk membunuh si karakter utama. Namun, pada akhirnya si Mayadere malah jatuh cinta dan malah bergabung dengan si karakter utama dalam keadaan tertentu. Dapat diibaratkan tipe Mayadere ini merupakan gabungan antara Yandere dan Tsundere. Salah satu ciri khas dari karakter ini adalah selalu membuat candaan dengan kata-kata yang mengancam seperti "Aku ingin membunuhmu!"

Wuih kok jadi banyak begini ya jenis sifat karakter "DERE" dalam anime dan manga hahahaha, tapi intinya hanya yang 5 yang utama aja kalau menurut admin, mungkin kedepannya akan muncul istilah-istlah "DERE" yang baru lagi... tapi yang lain hanya pengembangan dari 5 tipe sifat karakter "DERE" yang utama... Atau ada yang berpendapat lain? Kalau menurut sobat gemana?

Sumber artikel Mengenal Jenis Tipe Sifat Karakter "DERE" dalam Anime dan Manga
wiki | animepjm | anime-art-inc | bindercerita | google | myanimelist
Cari Info Japan dan Anime Indo Lainnya
Custom Search

0 Response to "Mengenal Jenis Tipe Sifat Karakter "DERE" dalam Anime dan Manga"

Berikan sedikit waktu anda untuk Berkomentar, baik itu Saran ataupun Kritik dapat membantu kami menjadi lebih baik...

JAPANIMEINDO (日本アニメインドネシア).
Arigatōgozaimashita (ありがとうございました)